Selasa, 09 Oktober 2018

# belajar dan bermain # diy permainan

TIGA DIY PERMAINAN DAN PEMBELAJARAN ANAK


TIGA DIY PERMAINAN DAN PEMBELAJARAN ANAK


Halo dear
Balik lagi di diary Uut fauziah kali ini aku mau kasih tips permainan anak anak kita, semenjak ada hadir nya buah hati lengkap sudah rasanya kita sebagai ibu rumah tangga iya gak sih... (pembaca Yang belum di karuniai anak semoga segera lekas di beri oleh tuhan aminnn ) semenjak anak sudah mulai aktif aktif nya aku selalu mikir otak untuk memasukkan permainan yang ada nilai nilai pembelajaran. Anak yang sudah mulai memasuki tahun ketiga saat ini usia masuk dua tahun 2 bulan  memang bener bener menjadi mood kebahagiaan tersendiri yang kita rasa, pasalnya anak yang sudah sedikit mulai mengerti apa yang mama nya ini kerjakan ingin ikut serta di libatkan dengan aktivitas kita mulai dari beberes rumah, masak nyuci ngepel juga dan mengikuti apa aja yang kita lakukan jadi jauh lebih berhati-hati dilain itu aku beruntung banget bisa menemani tumbuh kembang nya anak karena sejak usia 2-10 bulan aku kerja dari pagi hingga malam sehingga waktu untuk anak berkurang. Dan masih ditemani sama ibu mertua ku untuk membantu menjaga dan merawat anakku, tapi kesini nya aku berfikir untuk total urusin anak seutuh nya menjadi ibu rumah tangga selain kuliah sudah selesai jadi tidak ada tanggung an beban,karena kemaren benar benar sibuk banget malam urus anak siang kerja,hari libur aku kuliah magister semua bisa ku lewati dengan gampang atur waktu nya.
Peredikat menjadi ibu rumah tangga seutuh nya sudah ditangan, dan dari mulai kegiatan masak memasak beres rumah aku lakukan sendiri tanpa asisten rumah tangga, sebulan pertama aku sudah merasakan dahsyatnya kuat nya seorang ibu rumah tangga. Tidak hanya persoalan mengurus rumah juga menangani anak yang usia nya aktif aktif nya,sebagai mama muda baru mempunyai anak aku pernah mengalami kepanikan di mana keluar sebentar aja serasa anak menangis dan memanggil ku seperti biasa padahal tidak ada juga Suara itu, kebingungan menangani anak sendiri itu aku rasa kan juga letih putus asa serasa gak sanggup dan membandingkan dengan waktu aku kerja dulu (enakkan kerja kantoran) pernah terbesit pikiran seperti itu hingga aku merenung dan mencoba berdamaii dengan anak jika dia membuat yang sekira nya hati sebal lebih tenangin pikiran. Tapi itu aku dulu ya dear karena sekarang aku benar benar menikmati menjadi ibu rumah tangga stres di awal itu bagi ku hal yang wajar nama nya beradaptasi,nah sekarang aku buat enjoy aja semua pekerjaan aku lakukan bersamaan dengan anak dan aku mulai menganggap anak ku iya teman ku sehingga kini anak pun mengerti dan mudah banget dikasihi tau nya segala kegiatan aku libatkan dan menjadi permainan buat dia dan diantara sekian banyak permainan aku tulis 3 dulu ya dear selanjutnya next ditulisanku ya.
Permainan pertama :
Alat alat :
  1. Ada corong
  2. Air
  3. Botol
  4. Baskom
  5. Gayung (bisa mengunakan apa aja disini aku mengunakan cangkir)

Air kita masukkan kedalam baskom lalu biar kan anak memindahkan nya kedalam botol pertama kita contohkan dulu lalu biarkan aja dia berekspresi sesuka nya (jika anak memasukan air kedalam botol tidak ada yang tumpah artinya konsentrasi anak sudah bisa dikatakan seimbang)  






Pembelajaran :  Melatih konsentrasi dan kesabaran anak
Note : bisa kalian kasih pewarna didalam air agar anak juga bisa bermain dengan belajar tentang warna (disini anak ku gak pakai karena kehabisan pewarna biasanya juga aku pakai y dear )

Permainan kedua :
Alat alat :
  1. Bekas kardus
  2. Gunting
  3. Pisau Carter
  4. Spidol
  5. Lem

Langkah pertama kita gunting kardus buat dua dengan kurang yang sama pisahkan satunya satunya  kita gunakan pisau Carter untuk mengantisipasi sekaligus mengunting dibuat seperti cendela lakukan sampai sebanyak 5 cendela (dibuat satu baris )
Selanjutnya dibawah barisnya kita gunakan cater lalu lubangi berbentuk segi empat tumpukan beberapa potongan kardus menyerupai lubang hingga bisa menutup nya
Langkah terakhir satukan ke dua kardus yang dilubangi maupun tidak lalu lem,setelah jadi satu baru kita tulis angka yang mau kita ucapkan untuk belajar dicontoh (satu sampai 10) lakukan bermain main dengan anak belajar menghafal angka
Contoh soal :: angka satu ada dimana ya? Bunda bertanya lalu anak usahakan untuk mencari dimana letak nya (ini anakku seneng banget buka tutup terus hehe)




sorry ya dear contohnya sudah lusuh efek anak yang terlalu aktif dan membuat mama nya terburu buru.

Pembelajaran :
Melatih daya ingat
Belajar mengenal angka

Permainan ke tiga
Alat alat :
  1. Sayur mayur yang ada di kulkas yang bunda mau masak ya
  2. Cara permainan nya
  3. Ini permainan jual beli dimana anak menjadi penjual bunda menjadi pembeli
  4. Sembari kita kasih tahu tentang sayuran yang anak jual

Pembelajaran :
  • Agar anak tahu jika ingin membeli sesuatu itu harus menukar nya dengan uang
  • Agar anak faham nama  sayur sayuran.




Oke dear sekian dulu ya sharing tentang permainan anakku yang sering aku lakukan dan semoga bermanfaat ya...
Terimaksh yang telah membaca mohon tinggal kan komen yang baik dan membangun ya
See u next blog bye bye

Facebook : uutfauziah
Instagram  : @uut_fauziah

Twitter : @uutfauzia

2 komentar:

Follow Us @uut_fauziah