Senin, 16 Mei 2022

Pengalaman operasi sesar dengan metode Eracs

 


Hai dear

Duh lama banget nih berbulan bulan GK nulis hehe jadi kemaren sempat kwatir dengan kehamilan jadi ,kayak semacam focus gitu lah dengan persalinan eh dengan kehamilan...

Focus dengan  olahraga , treatment ibu hamil dll dan pastinya menghindari pikiran pikiran negatif jadi malas mikir pokoknya buat rileks la... sampe sampe aku keluar dari beberapa grup WhatsApp... Wah segitu nya ya... Iya karna hamil ke dua ini sangat sensitif Banget perasaan nya...

Oke deh... Kali ini mau sharing pengalaman tentang operasi,yah... Sebenarnya pengalaman yang tidak di inginkan tapi apa daya kita bukan tuhan yang bisa menentukan jalan kehidupan ini 😂... Berawal dari setelah beberapa bulan... Hingga memasuki Hpl (Hari perkiraan lahiran) si Dede juga belum  kunjung ada tanda tanda keluar,tapi kontraksi palsu sudah lumayan sering...

Sudah lewat dua Minggu mulai panik Hpl tgl 25 Maret 2022 tanggal 11 April 2022 USG dan ternyata posisi bayi belum pas,dan ada satu lilitan tali pusar... Dicek sudah pembukaan 1 , disarankan untuk gak pulang langsung operasi, karena beresiko Kalau hamil normal,(Banyak pertimbangan,Gak aku ceritakan ya) masih kekeh mau normal dan berharap posisi pas dan mudah persalinan nya kayak hamil pertama ... Wallahu alam ,si bayi gak nambah pembukaan... Setelah konsultasi keluarga dan medis akhirnya cari rumah sakit yang bisa Sesar dengan metode Eracs, cari informasi dari teman ke teman Tentang operasi secar bagaimana rasanya dan cara cepat sembuh dll...

Hingga akhirnya telfon rumah sakit cari yang  bisa metode Eracs,karna kata teman teman metode ini lebih ringan sakitnya... Takut karna kelamaan didalam perut dan akhirnya memutuskan secar dengan metode Eracs , tepat 14 April 2022 jadwal operasi sore jam 4 an... 

Pertama,

daftar lalu cek lab terlebih dahulu,pasang impus ,tes suntik alergi,lalu pasang kateter,oh iya sebelumnya kita pastikan dulu posisi sekali lagi dengan USG.

Kedua,Kata perawat nya suruh minim air gula atau yang manis misal teh ,minumlah ya pake teh pucuk dingin,wah kebayang kan enaknya dipanas panas dimana bulan ramadhan haha...

Lalu sekitar jam 17.30 an lebih masuk ruang operasi,oh iya kenapa tidak sesuai yang dijadwalkan karena ada pasien yang lebih urgent jadi dia didahulukan... Masuk ruangan dengan nuansa hijau baju para perawat bidan dan dokter nya... Disambut dengan hangat dan riang ... Lalu sebelum nya di suntik lagi guy di bagian punggung,dan suntik itu kata orang orang yang pernah ngalamin sakit banget,tapi Alhamdulillah nya aku g ngerasain sakit , karna dah banyak banget suntik sana sini 🤣... Padahal kata dokternya tahan ya Bu agak sakit,wkwkw Alhamdulillah bener g ngerasain sakit , mungkin sebelum nya juga saya sudah ngerasain kontraksi palsu...

Operasi berjalan lancar dan bener saja tidak merasakan sakit,cuma gemetar kaya kedinginan gtu ,mau dzikir rasanya g bisa , karena tim dokter dll ngajak becanda dan seru berbicara an kami,.. tepat jam 18.00 kurang lebih magrib pas,Dede keluar..." Bu anaknya laki laki ya Bu"

Wah rasanya lega banget,setelah selesai keluar dari ruang operasi,selang kurang lebih 2 jam kami disuruh belajar duduk,kok kami? Iya karna kami segerombolan yang dibelah perutnya sebelum masuk kamar dijadikan satu ada 4 orang kurang lebih,dan cerita sama salah satu pasien "Ini gak seberapa sakit mbak kayak yang biasa operasi secar yang dulu aku rasain" begitu kah ,,, oke kaki belum bisa digerakkan dan perlahan bius hilang ,belajar duduk lalu minum baru deh masuk kamar masing masing...jam 10/11 malam lah perawat datang untuk melepas kateter,biuh sakitnya ... Oke deh "belajar jalan ya Bu,coba jalan kekamar mandi sendiri " kata perawat

Dan aku jalan donk ... Biasa aja sih jalan ,cuma sakit masih untuk pipis,suruh belajar miring kanan kiri dan jalan di malam itu juga... Dirumah sakit aman , sakit masih bisa lah ditahan masih sakitan menunggu pembukaan lengkap si kalau kataku... Pagi diperiksa,sudah bisa pipis sendiri walau sakit nya yaAllah awal pipis pertama, dokter nya baik banget memberi aura semangat "Selamat pagi Bu,wah dah sehat ya dah cantik aja ,mau weekend nan ya" suara riang dokter SpOG nya buat semangat sembuh.. perbanpun diganti dengan perban yang anti air bisa buat mandi...  Ibunya sudah aman ya, keluhan yang tadi sudah dikasih resep nanti ditebus obatnya,cepat sehat ya Bu tutur dokter nya.. jadi kesempatan donk ada dokter nya keluhan dan minta tips untuk cepat kering, aku tipe pasien yang cukup cerewet,aku dinyatakan sehat aman semua tinggal si Dede di periksa dokter anak, Alhamdulillah bayiku juga sehat jadi jam 3 sore sudah bisa pulang.. beneran 1 hari saja...

Nah sampai nya dirumah disini mulai nyeri datang dan paling susah itu ketika kita tidur dan mau duduk ,bihhh sakit dan juga kwatir si dengan luka,sempat nangis juga ternyata normal kalau normal sakit hanya di awal pembukaan sampe lengkap

Kalau operasi ini ,lebih ke penyembuhan nya yang lumayan dan 5 hari sudah lumayan enak buat duduk jalan dan aktivitas biasa.

Oh iya kata dokter nya kita harus banyakin gerak,,, jadi pagi itu buat jalan sambil nyapu, tapi tetap ya g boleh kecapean...

Sekian dulu ya ,cerita pengalaman operasi sesar dengan metode Eracs ini,kenapa aku tulis karena kemaren sempat cari cari informasi pengalaman operasi sesar dengan metode Eracs ini cukup sulit,jadi sengaja aku tulis untuk kalian yang membutuhkan dan untuk pengingat diriku sendiri..

Semoga kita semua dalam keadaan sehat ya...




1 komentar:

Follow Us @uut_fauziah